Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terlengkap

Solusi cerdas memilih asuransi kesehatan untuk memproteksi diri, artikel ini mungkin tidak cocok untuk orang yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan di indonesia, karena biasanya mereka akan mendapatkan  jaminan asuransi kesehatan dari perusahaan ditempat-nya bekerja. Walaupun tidak semua perusahaan memberlakukan jaminan asuransi kesehatan ke setiap karyawannya. Jika perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan asuransi kesehatan dan Anda masih ingin mencari rencana alternatif  jaminan asuransi kesehatan,  silahkan simak ulasan di bawah ini.

Bagi Anda yang  berstatus sebagai usahawan, Anda tidak akan mendapatkan jaminan asuransi kesehatan. Dan mungkin Anda akan kesulitan untuk mengatur anggaran biaya yang mahal ketika jatuh sakit. Namun tenang saja ada solusi yang bisa dihadirkan untuk memproteksi diri dan merupakan satu cara untuk meminimalisasi biaya kesehatan yaitu dengan memiliki polis asuransi kesehatan.
Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terlengkap

Bagaimana caranya memiliki polis asuransi kesehatan?

Langkah awal yang harus diambil adalah memilih asuransi perlindungan kesehatan terbaik dan terlengkap, juga dengan biaya yang terjangkau agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cermati manfaat dan nilai premi yang diberikan, termasuk perhatikan juga seberapa besar jaringan rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut.

Anda mungkin sudah tahu mengapa mendapatkan asuransi kesehatan adalah ide yang baik. Tetapi jika Anda baru akan memulai untuk memilih dan memiliki asuransi kesehatan, perlu diketahui bahwa asuransi kesehatan sangat berguna yang memungkinkan Anda untuk fokus untuk mendapatkan yang terbaik dari bantuan medis daripada harus fokus pada mengatur uang untuk pengobatan, pada saat-saat darurat medis.

Sebuah polis asuransi kesehatan juga membantu Anda mengambil keputusan investasi jangka panjang, karena Anda tahu bahwa Anda telah mendapatkan perlindungan kesehatan berlapis terhadap keadaan darurat medis yang dapat dengan mudah menguras semua tabungan Anda.

Sekarang ini, ada banyak sekali rencana asuransi kesehatan tersedia yang  menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan yang menawarkan kemudahan bagi konsumen untuk mengambil dan memilih mereka sesuai kebutuhan.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terlengkap

Memilih rencana asuransi kesehatan dapat menjadi rumit. Namun umumnya jenis asuransi kesehatan akan menawarkan pergantian atas biaya kesehatan bila pemilik polis mendapatkan perawatan medis di rumah sakit akibat kecelakaan atau serangan penyakit tertentu. 

Besaran nilai pergantian biaya perawatan medis ini disesuaikan dengan batasan limit berdasarkan produk asuransi yang anda beli. Membeli asuransi kesehatan adalah solusi yang tepat dalam pengelolaan keuangan keluarga. 

Namun agar anda mendapatkan asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan tidak sama dengan asuransi penyakit kritis. Karena pemilik asuransi tersebut hanya akan mendapatkan santunan tunai, bila anda terserang penyakit kritis sesuai ketentuan asuransi. Agar tidak salah dalam membeli jenis asuransi kesehatan, sebaiknya baca terus artikel ini.

Tentukan rencana jenis asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda 
Umumnya ada tiga jenis rencana. 
  1. Organisasi pemeliharaan kesehatan atau health maintenance organizations (HMO), 
  2. Organisasi diutamakan penyedia atau preferred provider organizations (PPO), dan 
  3. Layanan rencana asuransi atau point-of-service plans (POS).
HMO mengharuskan Anda menggunakan dokter dalam jaringan tertentu, memberikan Anda fleksibilitas lebih sedikit tetapi anggaran biaya lebih terjangkau. 
PPO memungkinkan Anda untuk dalam jaringan atau keluar dari jaringan, biasanya biayanya lebih tinggi untuk PPO daripada HMO.
POS menggabungkan unsur-unsur HMO dan PPO. Mereka memberi Anda pilihan untuk membayar lebih untuk menjelajah keluar dari jaringan, tetapi biasanya mengharuskan Anda untuk memilih dokter, perawatan primer dalam jaringan dan mendapatkan rujukan dari dokter, sebelum memilih dokter spesialis apapun.

Menyesuaikan rencana asuransi kesehatan Anda

Memperhitungkan apakah kebutuhan Anda telah berubah. Jika Anda merencanakan keluarga, Anda mungkin perlu cakupan bersalin, misalnya, atau mungkin Anda ingin menambahkan anak Anda  ke asuransi kesehatan Anda. Semua rencana sekarang diperlukan untuk menutupi biaya asuransi anak-anak sampai usia 26, meskipun rencana Anda, mungkin mengecualikan pada anak Anda yang sudah bekerja di suatu perusahaan, jika mereka memiliki akses ke asuransi kesehatan melalui perusahaan ditempatnya bekerja. Anak-anak dewasa, seperti mereka yang di bawah 18, tidak bisa lagi ditolak untuk memiliki asuransi kesehatan, terlebih lagi jika sang anak memiliki kondisi masalah kesehatan, misalnya seperti asma atau kanker.

Memilih asuransi tanpa limit setiap perawatan medis

Plafond atau limit biaya maksimum perawatan medis biasanya diterapkan perusahaan asuransi. Biasanya produk asuransi menetapkan dus jenis limit, yaitu limit setiap perawatan dan limit gabungan seluruh biaya perawatan. Kebijakan setiap perusahaan asuransi berbeda-beda, ada yang hanya menerapkan jenis pertama, jenis kedua bahkan keduanya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda.

Bandingkan nilai plafon dan premi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan

Bandingkan total biaya di berbagai rencana menggunakan kalkulator online, alat yang ditawarkan oleh banyak perusahaan. Jika Anda masih muda dan sehat, Anda mungkin ingin premi bulanan yang mahal untuk deductible yang lebih tinggi (membayar lebih besar sebelum cakupan dimulai). Pastikan untuk faktor dalam copays (biaya dokter ') dan coinsurance (share dari biaya untuk resep atau rawat inap).

Nilai plafond asuransi dapat di pilih sesuai dengan kebutuhan. Skema plafond akan menentukan biaya perawatan, jika anda memilih nilainya rendah, maka biaya perawatan yang melebihi nilai plafond tersebut menjadi tanggungan Anda.  Besaran nilai plafond asuransi sangat berhubungan erat dengan nilai premi. Semakin tinggi harga kamar di sebuah rumah sakit, maka semakin tinggi pula nilai preminya.

Memilih asuransi kesehatan yang murni

Asuransi kesehatan murni memiliki beberapa keunggulan, dan sebaiknya Anda memilih asuransi kesehatan murni atau berdiri sendiri. Karena bila asuransi tersebut adalah rider dari asuransi jiwa unit link harganya sangat mahal. Hal ini karena jenis asuransi ini, nilai premi terdiri dari asuransi jiwa, elemen investasi dan asuransi perlindungan kesehatan. Sehingga membuat porsi perlindungan kesehatan nilainya kecil. Dan pada akhirnya Anda harus membeli asuransi dengan biaya tinggi untuk bisa memperoleh plafond yang besar. Dan yang lebih buruk lagi adanya potongan biaya atas unit link yang terbilang besar. Sehingga berdampak buruk dengan semakin kecilnya nilai premi kesehatan.

Memiliki layanan cashless dan jaringan rumah sakit luas

Dengan adanya cashless, maka proses penggantian klaim  berlangsung sangat mudah. Dengan layanan ini maka ketika anda harus dirawat di rumah sakit tidak harus mengeluarkan uang. Karena anda bisa merampungkan tagihan rumah sakit hanya dengan memakai kartu asuransi kesehatan. Pembayaran di muka juga tidak perlu dilakukan. Oleh karenanya pastikan rumah sakit ini telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi. Dengan alasan ini, sebaiknya memilih asuransi yang bekerjasama dengan banyak rumah sakit. Rumah sakit favorit anda sebaiknya harus tertera dalam daftar jaringan rumah sakit tersebut.

Perhatikan masa tunggu klaim asuransi

Perusahaan asuransi biasanya menetapkan kebijakan tertentu berupa masa tunggu klaim biaya perawatan medis tertentu. Sehingga anda tidak bisa mengklaim biaya dalam jangka waktu tertentu dimulai dari masa berlaku dari asuransi yang anda beli. Misalkan anda hanya bisa mengklaim biaya pada 12 bulan kemudian dan sebagainya. Oleh karenanya sebaiknya anda tanyakan dengan detail mengenai kebijakan ini. Ketahui jenis penyakit yang dicover asuransi dan berapa lama masa tunggunya.

Selalu berprioritas pada fasilitas rawat inap

Biaya kesehatan meliputi rawat inap dan rawat jalan. Lebih baik anda fokus pada produk asuransi yang mampu memberikan pertanggungan rawat inap. Dikarenakan biaya rawat inap lebih tinggi di bandingkan rawat jalan. Tapi bila ada pos keuangan lebih, sebaiknya juga mengambil fasilitas tambahan berupa asuransi rawat jalan.

Asuransi88 hadir menawarkan solusi bagi Anda yang ingin memiliki asuransi kesehatan terbaik dan terlengkap, Anda dapat menemukan Asuransi kesehatan terbaik dan terlengkap dengan Premi yang sesuai kebutuhan! Asuransi88 menawarkan Jenis Asuransi Kesehatan meliputi:

Jenis Perlindungan Asuransi Kesehatan
  • Perlindungan Santunan Harian, Memberikan jaminan Berupa santunan harian atas resiko finansial terhadap biaya biaya yang timbul akibat kecelakaan, sakit maupun pembedahan selama rawat inap di rumah sakit
  • Perlindungan Rawat Inap , Memberikan jaminan Berupa Biaya Perawatan atas resiko finansial terhadap biaya biaya yang timbul akibat kecelakaan, sakit maupun pembedahan selama rawat inap di rumah sakit
Perluasan Jaminan
Perluasan Jaminan dalam asuransi kesehatan ini biasanya masuk dalam tabel jenis jaminan yang di jamin dalam satu produk asuransi tersebut:
  • Biaya kamar dan menginap per hari
  • Biaya aneka perawatan dirumah sakit
  • Biaya operasi atau pembedahan
  • Biaya kunjungan dokter di rumah sakit
  • Biaya kunjungan dokter specialis di rumah sakit
  • Biaya pemeriksaan laboratorium dan test diagnostic
  • Biaya konsultasi lanjutan
  • Biaya transportasi mengunakan ambulance menuju ke rumah sakit
  • Dll