Tips Cara Cepat Diterima Kerja? Hindari 6 Kesalahan Ini dalam CV Anda

Proses pencarian kerja memang bukan hal yang mudah. Selain harus memiliki kompetensi yang baik, resume dan CV juga menjadi penentu yang harus diperhatikan oleh para pencari kerja. Resume dan CV merupakan alat pertama yang biasa digunakan oleh HRD untuk menilai seorang calon pegawai. Apabila CV  tersebut bisa memberikan kesan yang baik maka peluang Anda diterima pun akan semakin besar. Namun apabila resume tersebut tidak memberikan kesan baik, maka pekerjaan impian Anda pun akan sulit untuk digapai. Berikut Tips Cara Cepat Diterima Kerja? Hindari 6 Kesalahan Ini dalam CV Anda.
Tips Cara Cepat Diterima Kerja? Hindari 6 Kesalahan Ini dalam CV Anda

1. Lupa untuk memperbaharui kontak informasi
Satu bagian paling penting dalam sebuah CV adalah bagian informasi kontak. Bagian ini berisi tentang kontak informasi yang menggambarkan tentang identitas diri Anda.

Pihak HRD akan menghubungi Anda melalui kontak yang tertera di data ini. Oleh karenanya, data di bagian ini tidak boleh salah.

2. Tidak memberikan detail yang jelas tentang pekerjaan terakhir
Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, detail tentang pekerjaan merupakan hal penting yang harus Anda cantumkan dalam CV.

Detail ini nantinya akan bisa memberi gambaran tentang apa saja yang sudah pernah Anda lakukan di pekerjaan terakhir. Anda juga dapat menambah data kemampuan apa saja yang sudah dikuasai.

3. Tidak memperbaharui kemampuan dan sertifikasi
Seiring berjalannnya waktu, kemampuan bekerja akan semakin bertambah. Adakalanya Anda pun akan mendapat sertifikasi kemampuan sesuai dengan bidang yang Anda tekuni. Jangan lupa untuk mencantumkan hal ini pada CV yang Anda miliki.

4. Menulis singkatan yang banyak tidak diketahui orang
Setiap bidang pekerjaan biasanya memiliki singkatan dan akronimnya masing-masing. Pastikan bahwa setiap singkatan yang Anda cantumkan di CV bisa diketahui oleh orang. Jangan sampai pihak HRD nantinya malah kebingungan dengan apa yang sudah Anda tulis.

5. Terus memperbaharui CV, namun menambahkan pekerjaan yang tidak penting
Hal ini juga tidak sebaiknya Anda lakukan. Memperbaharui CV memang merupakan satu hal yang harus dilakukan. Namun Anda tidak perlu untuk menambahkan pekerjaan yang tidak memiliki relevansi yang jelas dengan apa yang Anda kerjakan sekarang.

6. Menulis nama file CV dengan salah
Pastikan nama file CV yang Anda kirimkan pun memiliki nama yang jelas. Nama file CVyang baik akan memcantumkan nama Anda dengan jelas. Hal ini nantinya dapat mempermudah pihak HRD untuk mengetahui CV milik Anda.

Baca Juga "Kumpulan Tips Cara membuat surat lamaran kerja".