Sponsored links
Setiap perusahaan sudah seharusnya menunjang kesehatan karyawannya. Bagaimanapun tujuan perusahaan tak dapat tercapai apabila karyawan mengalami sakit. Sebagaimana yang diungkapkan World Health Organization mereka menyatakan bahwa, kesehatan karyawan memang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan dengan alasan meningkatkan derajat kesehatan para pekerja, mencegah mereka agar tak jatuh sakit karena pekerjaan yang dilakoni, maupun melindungi keselamatan mereka di tempat kerja.

Tak sedikit perusahaan yang berpikir bahwa pemeriksaan kesehatan memakan cost atau biaya yang cukup besar. Padahal, semacam pemeriksaan kesehatan perlu diterapkan dalam sebuah perusahaan untuk menjamin kesehatan karyawannya.

Karyawan Adalah Aset Maka Perusahaan Wajib Memperhatikan Kesehatan Karyawannya
Setiap Perusahaan sudah seharusnya memiliki dokter atau advisor kesehatan untuk para pekerjanya. Jangan dikatakan perhatian kesehatan karyawan dipandang sebagai cost besar, terutama untuk kondisi kesehatan pada pekerja.

Para karyawan memang perlu diperkenalkan terhadap aksi promotif dan preventif. Aksi ini dijelaskan untuk karyawan, bagaimana cara untuk menunjang kesehatan pribadi mereka dan pengobatannya, di samping penggunaan asuransi mereka.

Alasan lain perusahaan perlu menunjang kesehatan karyawan karena aktivitas yang menunjang kesehatan karyawan lebih dibutuhkan daripada investasi bisnis. Dengan memiliki karyawan yang sehat maka para pekerja akan lebih proaktif daripada reaktif.

Kesehatan dan ketahanan karyawan dalam bekerja merupakan dua hal yang sering disalah artikan. Kesehatan tidak hanya dipandang sebagai suatu hal yang reaktif dan tidak harus menunggu karyawan stress terlebih dahulu lalu mulai memperhatikan kesejahteraan mereka. Alangkah lebih baiknya jika Anda mencegahnya terlebih dahulu.

Intervensi lebih awal mungkin akan lebih baik. Bisnis yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk memperhatikan kesehatan dan ketahanan karyawan dalam bekerja akan lebih meningkatkan performa, keterlibatan dan produktivitas lebih tinggi. Jika kita mengumpulkan data dan melakukan pengukuran sepanjang tahun maka akan terlihat bahwa program-program yang menunjang kesehatan akan lebih terlihat dampaknya.

Program-program yang mampu menunjang kesehatan dapat berdampak sebesar 80% pada performa organisasi. Selain itu, bisnis yang membuat komitmen terhadap kesehatan karyawan akan dapat meningkatkan kontrak psikologis karyawan, meningkatkan kesejahteraan karyawan, ketahanan karyawan dan memberikan dampak positif pada karyawan. 

Bagaimanapun, kesehatan karyawan perlu dan harus menjadi perhatian perusahaan. Karena kondisi kesehatan yang dideritanya bisa berdampak pada masa tuanya kelak.

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Kenapa Perusahaan Wajib Memperhatikan Kesehatan Karyawan? Ini Alasannya