Quality Control Adalah, Pengertian, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab QC

Quality control adalah cara memverifikasi standar produk atau layanan. Selama proses pembuatannya, quality control berfungsi untuk mengurangi kemungkinan memasukkan produk yang salah ke pasar. Namanya menunjukkan itu: Quality control yang artinya adalah kontrol kualitas. Memahami konsep ini sebagai kondisi yang harus dipenuhi suatu produk agar dapat dikonsumsi atau digunakan oleh pengguna atau klien.

Apa itu Quality Control?

Quality Control merupakan proses pengecekan pada suatu pabrik untuk menentukan kualitas produk yang dihasilkan memenuhi standar yang ditentukan.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas produk jadi lebih baik lagi sebelum jatuh ke tangan konsumen.

Ada tiga aspek bernilai dalam Quality Control ataupun Pengendalian Mutu untuk kontributif proses produksi supaya sesuai dengan standar perusahaan. Unsur fundamental meliputi aktivitas pengontrolan, manajemen kerja, proses yang sudah terdefinisi, identifikasi catatan, serta integritas kinerja.

Aspek kedua ialah aspek kompetensi berupa ilmu pengetahuan, pengalaman, keterampilan, juga kualifikasi kerja yang mumpuni.

Terakhir berupa elemen lunak terdiri atas integritas, kepercayaan, motivasi, semangat, dan relasi antar pegawai maupun perusahaan.

Staff Quality Control berwenang untuk menerima atau menolak produk yang yang bakal dipasarkan dengan tujuan untuk menanggulangi kualitas, menguji produk sesuai standar spesifikasi.

Jadi, saat para staff QC ini akan menemukan cacat pada suatu produk, maka mereka berwenang juga dapat mengembalikan kembali produk cacat tersebut untuk diperbaiki.

Pentingnya Quality Control

Dalam setiap proses industri. Tugas Quality control sangat penting karena memungkinkan pemantauan tindakan produksi dan dengan demikian menghilangkan kesalahan, kegagalan, atau cacat. Dengan cara yang sama. Quality control memungkinkan untuk mengevaluasi efisiensi sistem. Dan dengan demikian, dapat melihat prosedur mana yang dapat ditingkatkan dan mana yang harus diperbaiki.

Pelaksanaan kontrol kualitas

Pelaksanaan kontrol kualitas memerlukan diagnosis tahapan-tahapan kunci yang harus ditinjau dalam proses produksi, dan juga instrumen evaluasi untuk tahapan-tahapan tersebut.

Penting untuk mempertimbangkan bahwa quality control tidak hanya ditemukan di satu bagian dari rantai produksi. tetapi di seluruh rantai produksi, melalui proses administrasi pemeriksaan, verifikasi visual, pengujian dan analisis.

Namun, pengendalian kualitas dapat dilakukan oleh siapa saja setiap saat dalam organisasi. Ini berarti bahwa quality control adalah tanggung jawab semua orang yang bekerja di bagian produksi barang dan jasa, peringatan kesalahan, peringatan kegagalan atau proses yang dijalankan secara tidak benar.

Pengukuran efisiensi melalui quality control

Proses kontrol kualitas bersama dengan verifikasi keadaan optimal produk dan layanan dalam proses pembuatannya, juga memberikan informasi tambahan tentang waktu dan sumber daya yang digunakan, menjadikannya alat yang sangat baik untuk mengukur efisiensi dan efektivitas dalam rantai produksi.

Contoh quality control

Dalam produksi produk makanan, quality control sangat penting, karena tidak hanya berdampak pada pengalaman konsumen, tetapi juga harus mematuhi peraturan kesehatan saat ini yang diawasi oleh otoritas kesehatan masing-masing negara.

Dalam pengertian ini, quality control mengukur, misalnya:

  1. Proporsi bahan yang tepat per porsi.
  2. Status bahan pada saat persiapan makanan, memverifikasi bahwa tanggal kedaluwarsanya belum kedaluwarsa.
  3. Keselamatan operator saat menangani makanan, memastikan bahwa mereka mematuhi semua standar kebersihan dan keamanan.
  4. Penyegelan wadah yang benar.
  5. Suhu penyimpanan yang optimal.
  6. Kondisi optimal untuk distribusi dalam alat transportasi masing-masing.

Seperti yang kita lihat, ada banyak proses yang harus diawasi agar produk ini memenuhi kualitas total sejak dibuat hingga mencapai konsumen akhir.

Tugas ini melibatkan upaya orang, penerapan sistem informasi, sarana komunikasi yang efektif dan peringatan tepat waktu untuk memperingatkan penyimpangan, dan dengan demikian menghindari kerugian bagi perusahaan.

Namun, tidak perlu memiliki perusahaan besar untuk menerapkan sistem kontrol kualitas, karena jika kita memiliki perusahaan baru, bisnis kecil, cukup bagi kamu untuk terus mengevaluasi setiap tahap proses produksi dan mengumpulkan kegagalan yang paling sering terjadi. atau kesalahan, untuk memperbaikinya dan meningkatkan sedikit demi sedikit, sehingga mencapai kualitas total.

Apa itu quality control?

Quality control atau QC bertugas untuk melakukan pemantauan terperinci dari proses-proses dalam perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan / atau layanan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas yang sesuai oleh perusahaan.

Pengertian quality control ialah proses di mana suatu bisnis berusaha untuk memastikan bahwa kualitas produk dipertahankan atau ditingkatkan. Kontrol kualitas menuntut bisnis untuk menciptakan lingkungan di mana manajemen dan karyawan berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan. Ini dilakukan oleh personel pelatihan, membuat tolok ukur untuk kualitas produk dan menguji produk untuk memeriksa variasi yang signifikan secara statistik.

Aspek utama dari fungsi quality control atau kontrol kualitas atau QC adalah pembentukan kontrol yang terdefinisi dengan baik. Kontrol ini membantu menstandarkan produksi dan reaksi terhadap masalah kualitas. Membatasi ruang untuk kesalahan dengan menentukan kegiatan produksi mana yang harus diselesaikan oleh personil yang mengurangi kemungkinan bahwa karyawan akan terlibat dalam tugas-tugas yang tidak memiliki pelatihan yang memadai.

Meski tugasnya tampak sederhana dan sangat intuitif. Namun perlu diketahui bahwa QC yang terdiri dari implementasi program, mekanisme, alat dan / atau teknik dalam perusahaan, harus tahu betul bagimana meningkatkan kualitas produk, layanan, dan produktivitasnya. Karena quality control adalah strategi untuk memastikan perawatan dan peningkatan berkelanjutan dalam kualitas produk yang ditawarkan.

Memahami Quality Control

Kontrol kualitas melibatkan pengujian unit dan menentukan apakah mereka berada dalam spesifikasi untuk produk akhir. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menentukan segala kebutuhan untuk tindakan perbaikan dalam proses pembuatan. Kontrol kualitas yang baik membantu perusahaan memenuhi permintaan konsumen untuk produk yang lebih baik.

Pengujian kualitas melibatkan setiap langkah dari proses pembuatan. Karyawan sering memulai dengan pengujian bahan baku, menarik sampel dari sepanjang jalur produksi dan menguji produk jadi. Pengujian pada berbagai tahap pembuatan membantu mengidentifikasi di mana masalah produksi terjadi dan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk mencegahnya di masa depan.

Tugas seorang quality control yang digunakan dalam bisnis sangat tergantung pada produk atau industri. Dalam pembuatan makanan dan obat-obatan, Tugas dari quality control termasuk memastikan produk tidak membuat konsumen sakit, sehingga perusahaan melakukan pengujian sampel kimia dan mikrobiologis dari jalur produksi. Karena penampilan makanan olahan mempengaruhi persepsi konsumen, produsen dapat menyiapkan produk sesuai dengan arahan paketnya untuk pemantauan visual.

Dalam industri pembuatan mobil, tugas seorang quality control berfokus pada cara bagian-bagiannya bersatu dan berinteraksi serta memastikan mesin beroperasi dengan lancar dan efisien. Dalam elektronik, tugas dari quality control termasuk melakukan pengujian yang mungkin melibatkan penggunaan meter untuk mengukur aliran listrik.

Wewenang Quality Control

Tugas quality control di pabrik yang bekerja di perusahaan manufaktur sebagai anggota tim manajemen kualitas. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses dan produk manufaktur memenuhi spesifikasi kualitas perusahaan. Melalui pekerjaan mereka, mereka membantu meminimalkan pemborosan, meningkatkan produktivitas di lini produksi dan memastikan bahwa pelanggan menerima produk yang sesuai untuk digunakan. Secara rinci tugas dan tanggung jawab quality control ialah sebagai berikut:

Wewenang
Tugas utama untuk teknisi kendali mutu, menurut menurut para ahli seperti American Society for Quality, adalah menyiapkan rencana dan instruksi pengawasan, memilih aplikasi rencana pengambilan sampel, menganalisis dan menyelesaikan masalah, menyiapkan prosedur, melatih inspektur dan melakukan audit.

Proses
Quality control membantu mengembangkan proses dan prosedur untuk kontrol kualitas. Mereka memutuskan standar yang ingin dicapai, yang mungkin melibatkan kepatuhan dengan sistem yang diakui seperti sistem ISO 9001:2008 dan TQM (Total Quality Management) yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi. Mereka melatih para supervisi untuk melakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur dan mengaudit pekerjaan mereka untuk memastikan mereka mematuhi standar. Jika mereka mengidentifikasi masalah, mereka merekomendasikan perbaikan.

Data
Mengumpulkan data yang tepat sangat penting untuk pengendalian kualitas. Teknisi QC mendefinisikan teknik statistik, menentukan data apa yang perlu dikumpulkan melalui pemeriksaan atau pemantauan proses, dan menganalisis hasil. Mereka menafsirkan data untuk mengidentifikasi masalah atau tren sebagai dasar untuk merencanakan tindakan perbaikan.

Peninjauan
Dalam organisasi yang lebih kecil, staf kontrol kualitas dapat melakukan beberapa pengamatan sendiri atau mengawasi pekerjaan penyeliaan kontrol kualitas. Mereka memastikan bahwa bahan baku yang masuk, komponen atau persediaan memenuhi standar yang disepakati dengan melakukan pemantauan, pemeriksaan, pengamatan, pengawasan, pengecekan, peninjauan rutin dan menolak barang yang tidak cocok. Mereka juga melakukan berbagai tes terkontrol pada produk di berbagai tahap proses pembuatan. Pengujian meliputi pemantauan visual atau pengujian non-destruktif untuk menentukan kesesuaian dengan spesifikasi produk.

Pencegahan
Teknisi kontrol kualitas merencanakan tindakan korektif dan preventif untuk mempertahankan standar kualitas. Mereka melakukan berbagai jenis analisis, termasuk analisis akar penyebab dan mode kegagalan dan analisis efek (FMEA) untuk mengidentifikasi sumber masalah. Mereka menyiapkan laporan dan rekomendasi untuk menangani masalah apa pun yang muncul.

Kualifikasi
Untuk melaksanakan tugasnya, teknisi kendali mutu membutuhkan minimal ijazah sekolah menengah. Mereka yang memiliki pendidikan tinggi atau pengalaman kerja empat tahun dapat mendaftar untuk mengikuti ujian yang mengarah ke Sertifikasi quality control. Teknisi kontrol kualitas membutuhkan keterampilan analitis yang kuat dan pemahaman tentang teknik statistik. Mereka harus memiliki perhatian yang baik terhadap detail dan terbiasa dengan teknik pemeriksaan dan standar kualitas.

Contoh Quality Control

Kontrol kualitas adalah proses mendeteksi kesalahan dalam output operasional seperti produk dan layanan. Ini dapat melibatkan pengujian setiap output tunggal seperti produk dari jalur perakitan. Atau, itu bisa melibatkan pengambilan sampel uji signifikan secara statistik yang memberikan keyakinan bahwa hasilnya sesuai dengan spesifikasi. Berikut ini adalah contoh ilustrasi kontrol kualitas.

Contoh Quality Control Barang Konsumen yang Bergerak Cepat
Sebuah pabrik yang memproduksi jus apel melakukan tes dasar pada setiap botol dan tes rinci pada beberapa unit di setiap kemasan. Unit dipilih untuk pengujian terperinci menggunakan nomor pseudorandom.

Contoh Quality Control Kendaraan
Pabrikan kereta cepat menjalankan tes terperinci pada setiap komponen yang diproduksi yang mencakup verifikasi manual dan otomatis.

Contoh Quality Control Layanan Makanan
Sebuah maskapai penerbangan menguji kualitas makanan dalam pesawat dengan sampel yang signifikan secara statistik yang memverifikasi berbagai parameter keamanan makanan. Program kontrol kualitas terpisah membutuhkan sampel yang lebih jarang untuk analisis sensorik untuk memastikan makanan terasa enak.

Perbedaan Quality Control dan Quality Assurance

Istilah quality assurance, kontrol kualitas, dan manajemen kualitas biasanya digunakan secara bergantian. Sebagai manajer pengujian atau manajer proyek, penting untuk memahami perbedaan antara terminologi ini sehingga Anda tahu apa yang sebenarnya Anda bicarakan dengan klien dan anggota tim Anda.

Jadi mari kita luruskan ini:

Apa Itu Quality Assurance?
Quality assurance adalah serangkaian kegiatan yang menentukan prosedur dan standar untuk mengembangkan suatu produk. Quality assurance adalah cara terencana dan sistematis untuk menciptakan lingkungan untuk memastikan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi persyaratan kualitas.

QA mengacu pada penerapan praktik dan metode standar yang terdefinisi dengan baik. Ini adalah proses kualitas proaktif. Proses ini dikendalikan dan ditentukan pada tingkat manajerial. Quality assurance berfokus pada daftar periksa proses, standar proses, audit proyek, metodologi dan prosedur untuk pengembangan.

Ini adalah proses pencegahan yang bertujuan untuk menetapkan metodologi dan standar yang benar untuk menyediakan lingkungan yang kondusif bagi produk yang sedang dikembangkan.

Apa Perbedaan antara Quality Assurance dan Quality Control?
“Perbedaan utama antara Quality Assurance dan Quality Control adalah bahwa kegiatan QA dilakukan selama pengembangan produk. Sedangkan kegiatan QC dilakukan setelah produk dikembangkan. "

TransKerja.com telah mengulas perbedaan antara Quality Assurance dan Quality Control untuk lebih memperjelas konsep Anda:

1. Quality Assurance (QA) adalah implementasi proses, metodologi dan standar yang memastikan bahwa perangkat lunak yang dikembangkan akan memenuhi standar kualitas yang disyaratkan. Sedangkan Quality Control (QC) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memverifikasi produk yang dikembangkan memenuhi standar yang disyaratkan.

2. QA berfokus pada peningkatan proses dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan produk. Sedangkan QC berfokus pada peningkatan produk dengan mengidentifikasi kesalahan dan masalah.

3. QA berorientasi pada proses. Sedangkan QC Berorientasi produk.

4. QA memiliki sifat proses pencegahan karena menetapkan metode yang mencegah kesalahan. Sedangkan QC adalah sifat prosesnya perbaikan karena berfokus pada mengidentifikasi kesalahan dan memperbaikinya.

5. Contoh kegiatan Quality Assurance termasuk daftar proses, standar proses, dokumentasi proses dan audit proyek. Sedangkan contoh kegiatan kontrol kualitas termasuk pemeriksaan, tinjauan sejawat yang dapat disampaikan dan proses pengujian suatu produk.

Manfaat Quality Control

Beberapa kepentingan atau manfaat quality control ialah sebagai berikut:
1. Mendorong kesadaran kualitas
2. Kepuasan konsumen
3. Pengurangan biaya produksi
4. Pemanfaatan sumber daya yang paling efektif.

Keuntungan terpenting yang diperoleh dengan memperkenalkan quality control yaitu bahwa ia mengembangkan dan mendorong kesadaran kualitas di antara para pekerja di pabrik yang sangat membantu dalam mencapai tingkat kualitas yang diinginkan dalam produk.

Hal ini akan bermanfaat pada konsumen karena sangat diuntungkan dalam mendapatkan produk berkualitas yang lebih baik karena peran quality control dalam memberi mereka kepuasan.

Dengan melakukan pemeriksaan dan kendali yang efektif atas proses produksi dan operasi, biaya produksi sangat berkurang. Dalam hal ini, quality control selanjutnya memeriksa produksi agar memenuhi standar kualitas yang telah di tentukan dan akibatnya pemborosan yang lebih rendah sehingga menurunkan biaya produksi secara signifikan.

Quality control juga memastikan pemanfaatan maksimum sumber daya yang tersedia sehingga meminimalkan pemborosan dan inefisiensi dari setiap jenis. Manfaat quality control juga termasuk menghasilkan strategi ekonomis dalam pemeriksaan dan sangat mengurangi biaya pemantauan.

Dengan menghasilkan produk-produk berkualitas lebih baik dan memuaskan kebutuhan pelanggan, manfaat quality control selanjutnya juga menimbulkan niat baik dari perhatian di benak orang. Di sisi moral karyawan, sistem quality control yang efektif sangat membantu dalam meningkatkan moral karyawan, dan mereka merasa bekerja dalam masalah menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih berkualitas.

Dengan menyediakan data teknis dan teknik untuk produk dan proses pembuatan, metode dan desain produksi yang lebih baik akan terjamin oleh quality control. Dengan memperkenalkan langkah-langkah quality control, produk seragam dengan kualitas yang sama diproduksi. Ini sangat memudahkan masalah penetapan harga. Satu harga produk standar menjadi lazim di pasar.

Selain itu, manfaat quality control juga memastikan produksi produk berkualitas yang sangat membantu dalam menarik lebih banyak pelanggan untuk minat produk, sehingga meningkatkan penjualan. Ini sangat membantu dalam menjaga permintaan yang ada dan menciptakan permintaan baru untuk produk. Telah ditunjukkan dengan tepat bahwa quality control merupakan instrumen yang kuat dengan bantuan pasar yang baik di dalam maupun luar yang dapat diperluas.

Tugas Quality Control Sanitasi di Industri Makanan dan Minuman

Industri makanan dan minuman berurusan dengan produk-produk yang sangat sensitif. Ini adalah salah satu alasan utama di balik mempertahankan standar kualitas dan mematuhi persyaratan kualitas, yang sangat penting bagi para pemain di industri makanan.

Ketika datang ke item makanan dan minuman, kebanyakan dari kita cenderung untuk berulang kali membeli merek yang sama yang kita anggap berkualitas baik dan sesuai dengan harapan kita. Juga, dalam kasus perusahaan dalam industri ini, bahkan insiden kecil di mana kualitas produk telah dikompromikan dapat merusak citra perusahaan.

Konsekuensinya, laba perusahaan bisa ambruk. Oleh sebab itu, membuat tindakan pengendalian kualitas yang tepat sangat diperlukan untuk merek yang bergerak di industri produk makanan dan minuman. Quality Control (QC) adalah proses reaktif dan bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki cacat pada produk jadi. Tugas quality control sanitasi di industri makanan dan minuman ini dapat dicapai dengan mengidentifikasi dan menghilangkan sumber masalah kualitas untuk memastikan kebutuhan pelanggan terus dipenuhi. Ini melibatkan aspek pengawasan manajemen kualitas dan biasanya merupakan tanggung jawab tim khusus yang ditugaskan untuk menguji produk makanan dan minuman cacat.

Quality Control Proyek Konstruksi

Proyek konstruksi yang berhasil adalah proyek yang dapat mencapai keseimbangan antara biaya, waktu, dan kualitas. Quality control dari sektor manajemen kualitas sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk dan fasilitas mematuhi persyaratan dan standar yang ditetapkan.

Kualitas proyek konstruksi dikelola oleh program yang memiliki dua elemen berbeda. Salah satunya adalah program quality control (QC) dan yang lainnya adalah proses quality assurance (QA). Kedua elemen ini memiliki fungsi yang agak berbeda. Apakah Anda pemilik proyek, perancang, atau kontraktor, masing-masing memiliki kepentingan dalam efektivitas proses manajemen QA / QC. Jika kualitas produk dipertanyakan, dan pengerjaan ulang diperlukan, itu bisa menjadi proposisi yang mahal dan dapat menjadi masalah bagi kontraktor. Beberapa masalah kualitas yang tidak dapat diterima dapat menyebabkan litigasi yang mahal dan merusak reputasi dan hubungan. Oleh karena itu, mengelola kualitas adalah aspek penting dari proses proyek konstruksi yang sukses.

Prosedur Quality Control

Prosedur quality control ialah melakukan serangkaian tindakan yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi atau layanan yang dilakukan mematuhi serangkaian kriteria kualitas yang ditentukan atau memenuhi persyaratan klien atau pelanggan.

Untuk menerapkan program QC yang efektif, suatu perusahaan harus terlebih dahulu memutuskan standar spesifik mana yang harus dipenuhi oleh produk atau layanan, yang akan menentukan sejauh mana tindakan QC harus ditentukan - misalnya, persentase unit yang akan diuji dari setiap bagian.

Pekerjaan Quality Control

Membahas tentang quality control adalah suatu proses dimana individu yang menempati posisi ini melakukan peninjau kualitas atau pengawasan mutu dari semua faktor yang terlibat dalam kegiatan produksi. Quality control sering disebut atau disingkat QC (kiyusi), dengan demikain QC adalah kependekan/singkatan dari Quality control, adapun arti quality control dapat di artikan sebagai pengendalian mutu atau pengendalian kualitas yang telah di tentukan dalam kegiatan produksi oleh perusahaan atau badan usaha.

Pekerjaan Quality Control

Pekerjaan quality control melibatkan prosedur pengembangan sistem untuk memastikan agar produk atau jasa dirancang dan diproduksi memenuhi standar mutu atau melampaui persyaratan kualitas dari pelanggan maupun produsen. Tahapan quality control dalam proses wirausaha terdapat pada tahapan pengendalian kualitas ini sering dikembangkan bersama dengan disiplin bisnis atau rekayasa pengendalian mutu lainnya dengan memakai pendekatan lintas fungsional. Adapun standar operasional prosedur quality control atau pengendalian kualitas dan pendekatan pengendalian mutu yang digunakan ialah ISO 9001:2008 dan TQM (Total Quality Management).

Apa yang dimaksud quality control?

Ingin tahu lebih banyak tentang apa yang dimaksud quality control, tugas dan tanggung jawab-nya? Dibawah ini TransKerja.com telah membuat ulasan lengkap tentang apa itu quality control? beserta tugas dan tanggung jawab bagian quality control secara lengkap. Baca juga "perbedaan quality control dan operator produksi".