logo

SPONSORED LINKS

Resume atau Biasa Di kenal Dengan Daftar Riwayat Hidup, Jika Istilah Kerennya Biasanya Disebut dengan Curriculum Vitae (CV). heheh, pada artikel blog kali ini transkerja akan berbagi mengenai Tips Menulis Resume/Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) Yang Baik Untuk Pemula Atau Belum Berpengalaman Kerja.

Melamar kerja dengan sukses dibutuhkan sebuah resume yang tersusun dengan baik dan lengkap berisi ringkasan berbagai keterampilan serta pengalaman kerja sebelumnya.
Karena Resume/CV adalah bagian pertama yang akan dibaca dan diperhatikan oleh pihak penerima kerja. Sehingga dalam resume harus bisa menjelaskan dengan singkat dan jelas tentang siapa anda, kemampuan apa yang anda miliki, berpengalaman di bidang apa saja sebelumnya sahabat transkerja bekerja.

Untuk Sahabat transkerja yang sudah berpengalaman kerja dibeberapa perusahaan dan memiliki sertifikat/paklaring dari tempat kerja sebelumnya, tentunya tidak akan kesulitan menjelaskan tentang pengalaman kerja yang pernah sobat dapatkan ditempat kerja sobat sebelumnya. Tetapi, bagaimana jadinya apabila sahabat transkerja belum pernah memiliki pengalaman kerja? Nah, jangan berkecil hati dulu! Berikut ini ada beberapa tips untuk Menulis Resume berkualitas Yang Baik Untuk Pemula Atau Belum Berpengalaman Kerja.

Unjukan Keterampilanmu
Karena tidak ada perusahaan besar atau jabatan tinggi yang bisa kamu masukkan ke dalam resumemu, usaha terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menjual keterampilanmu dengan sebaik mungkin. Pikirkan keahlianmu serta tonjolkan kelebihanmu tersebut di dalam resume. Perusahaan akan menghargai keterampilan yang kamu miliki jika kamu dapat merepresentasikannya dengan baik dalam resume yang berkualitas.

Kepribadianmu
Resume yang berkualitas adalah identifikasi awal yang akan mengantarmu memasuki dunia kerja. Tonjolkan kepribadianmu dengan memaparkan aktivitas atau hobi yang berhubungan dengan posisi yang kamu incar. Kamu juga bisa memasukkan kegiatan-kegiatan organisasi yang pernah kamu ikuti untuk menambah poin plus. Satu hal yang harus diingat, tulislah aktivitas dan hobimu secara rapi dan profesional. Tetap ingat bahwa kamu sedang melamar pekerjaan, bukan membuat artikel seperti saya :D.
Jadi Bicarakan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan cara yang segar dan menarik. Gunakan kata-kata dan bahasa yang mencerminkan siapa Anda secara pribadi. dan jangan membuat peryataan yang bukan tentang Kepribadianmu.

Sertakan Usaha Sukarela dan Menulis tentang keterampilan di kehidupan nyata.
Masukkan beberapa upaya yang kamu lakukan secara sukarela dan berbicaralah mengenai berbagai keterampilan yang kamu pelajari dari situ. Sebagai contoh, jika kamu pernah ikut bekerja secara sukarela untuk Palang Merah, maka kamu bisa membahas bagaimana pengalaman tersebut telah mengembangkan keterampilan kamu dalam berorganisasi, serta memancing kamu untuk berpikir kritis. Gambarkan juga keterampilan dari kehidupan nyata yang diambil dari pengalaman pribadi kamu dan ceritakan juga tentang hal itu. Hal ini akan sangat mendukung penulisan resume tanpa pengalaman kerja.

Ketika Sahabat transkerja hendak membuat sebuah Resume/Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV) Pastikan bahwa resume yang sahabat buat mudah dibaca dan mudah dicerna oleh siapapun.
Gunakan kertas putih polos tanpa background. Hindari juga penggunaan form resume yang banyak dijual di toko-toko.
Sebaiknya CV tidak ditulis tangan, melainkan diketik dengan menggunakan jenis huruf dan ukuran yang standar.
Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6 yang berwarna dan mengenakan pakaian resmi.

Jangan Ragu
Ketika menulis resume yang berkualitas, buatlah dengan singkat, padat dan Jelas. Jangan memanjang-manjangkan isinya hanya karena kamu tidak percaya diri dengan kurangnya pengalaman kerjamu. Tulislah dengan sebaik mungkin dan jangan pernah berbohong dengan menambahkan detail yang sebenarnya tidak pernah kamu lakukan. Tetaplah percaya diri!

Janganlah biarkan kurangnya pengalaman kerja menghentikan Langkah sahabat transkerja untuk melamar ke berbagai lowongan pekerjaan. tetap fokuskan pada hal-hal yang sahabat transkerja kuasai dan berdo'a agar semua yang sobat transkerja usahakan mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.
    Sekian dan semoga bermanfaat untuk sahabat transkerja yang membutukan.

Baca Juga:
  1. Tahap Tahap Persiapan Melamar kerja (Tutorial Tips Panduan Melamar Kerja) Bagi Pemula
  2. Tutorial Tips Wawancara Tahap Dasar Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
  3. Pernahkah Anda Melakukan Tips Ini Saat Anda Ingin Cepat Mendapat Pekerjaan
  4. Tips Dan Trik Saat Mendapat Tes Melamar Kerja Dan Diterima Bekerja
  5. Tips Cara Menjawab Wawancara Kerja Dengan Baik Dan Benar (Job Interview)
   
incoming search terms
  • Menulis CV atau Resume
  • Tips Membuat Resume Berkualitas Untuk Pemula
  • Cara Membuat CV Untuk Non Pengalaman
  • Tips Menulis Daftar Riwayat Hiduo/Resume Tanpa Pengalaman Kerja
  • Langkah-Langkah Membuat Resume yang baik dan menarik
  • Tips Dan trik Membuat Resume yang baik memenangkan perhatian
  • Tips Membuat Curriculum Vitae (CV) Berkualitas
  • Cara Ampuh Membuat Resume Untuk Non Pengalaman Kerja


ADVERTISERMEN

TENTANG KAMI

Transkerja.Com adalah situs media online yang fokus memberikan berbagai informasi menarik seputar lowongan kerja, berita kesehatan dan banyak lagi yang lainnya.

Berita Harian Transkerja

situs berita harian transkerja, mengulas berbagai informasi lowongan kerja indonesia, peluang karir lulusan smp/sma/smk/smu/d3/s1 semua jurusan, berita seputar kesehatan, dan banyak lagi yang lainnya, temukan beragam info-info terbaru disini.

Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Murah Untuk Promosi Bisnis dan Usaha Anda - Transkerja.com menyediakan space iklan untuk para advertiser dalam mempromosikan produk web nya dengan mudah dan tertarget. Pasang iklan Online anda kembangkan bisnis dan usaha anda melalui situs kami.
Copyright © Berita Lowongan Kerja Indonesia Powered by Blogger