Apa itu posisi atau jabatan PPIC? PPIC adalah singkatan dari Production Planning Inventory Control. Seorang yang menjabat sebagai staf PPIC merupakan bagian dari organisasi perusahaan yang menjembatani 2 departemen yaitu: pemasaran dan produksi.

Fungsi dan tugas Staff PPIC  atau  production planning inventory control, memiliki fungsi planning dalam perusahaan (manufacture) dijalankan oleh orang yang memduduki jabatan sebagai staff ppic ( production planning and inventory control ).

Disamping memiliki fungsi production planning, ppic juga memiliki peranan dalam manajemen inventory, menerjemahkan persyaratan pengadaan untuk pemasaran produk jadi ke dalam bentuk rencana produksi dan ketersediaan bahan baku dan bahan kemasan.

Inventory atau barang persediaan merupakan aset perusahaan yang berupa persediaan bahan baku/raw material, barang-barang sedang dalam proses produksi, dan barang-barang yang dimiliki untuk dijual. Karena inventory disimpan di gudang, maka manajemen inventory dan gudang sangat berkaitan.

Pada Umumnya Staff Production Planning and Inventory Control memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
  • Memimpin dan bertanggung jawab untuk kegiatan pekerjaan di Bagian PPIC dan Bagian Gudang. Job aktivitas di PPIC termasuk pengendalian persediaan, pengendalian produksi perencanaan, dan kontrol pengiriman. Job aktivitas di gudang, termasuk bahan yang masuk, penyimpanan, penyediaan, dan pengiriman.
  • Membuat rencana kegiatan tahunan dan penganggaran untuk basis Departemen PPIC pada rencana bisnis perusahaan.
  • Membuat laporan kegiatan. Laporan ini disampaikan kepada Top Management di Management Review bulanan.
  • Bertanggung jawab untuk Program Pengurangan Biaya di Departemen PPIC.
  • Bertanggung jawab untuk perbaikan terus-menerus di Departemen PPIC.
  • Bertanggung jawab untuk pengembangan sumber daya manusia di Departemen PPIC.

Bagi sahabat transkerja yang baru akan menjabat sebagai staff production planning and inventory control (ppic), dan belum tahu tentang fungsi dan tugas dari posisi jabatan tersebut, semoga sedikit penjelasan tentang tugas dan fungsi staff ppic ( production planning inventory control ) dapat membantu sahabat transkerja dalam memgetahi tugas dan fungsi staff ppic di suatu perusahaan.

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Tugas Dan Fungsi Staff Production Planning Inventory Control (PPIC)