Tugas dan Fungsi Operator Produksi - Sahabat pembaca setia transkerja berikut ini akan kami paparkan Tugas Dan Fungsi Operator Produksi, dalam posting kali ini dan semoga bermanfaat  dan berguna bagi sahabat yang membutuhkan.

Fungsi Operator Produksi

Operator Produksi adalah jabatan atau posisi  dalam suatu perusahaan, individu/pekerja baik itu  pria atau wanita yang bekerja mengoperasikan mesin atau peralatan di suatu pabrik, juga dikenal sebagai operator mesin, menggunakan peralatan untuk membantu dengan manufaktur, kemasan, dan langkah-langkah lain sepanjang jalur produksi dengan syarat dan ketentuan yang sesuai dengan prosedur dari perusahaan tertentu.

Sementara tugas yang sebenarnya dapat bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, operator produksi dapat diharapkan untuk menangani mesin-mesin berat seperti forklift. On-the-job training mungkin tersedia untuk posisi ini.

Tugas Pekerjaan Operator Produksi

Tugas Umum individu yang diposisikan sebagai Operator Produksi adalah memproses atau mengelola suatu produk/barang dari suatu bahan dasar/baku diolah hingga menjadi berbentuk dan sesuai dengan keperluan (bahan jadi). Sejumlah langkah tertentu harus diikuti berulang kali untuk benar-benar fix.

Operator produksi bekerja sepanjang jalur perakitan melakukan tugas khusus yang harus mematuhi pedoman keselamatan dan memastikan bahwa produk akhir memenuhi standar kualitas tinggi.

Sementara operator produksi dapat bekerja untuk berbagai perusahaan, pekerjaan itu sendiri biasanya melibatkan beberapa aspek dari proses manufaktur.

Baik yang bekerja di konstruksi atau kemasan, operator produksi mempertahankan mesin yang diperlukan untuk melakukan tugas khusus. Selain itu, operator produksi harus memiliki pemahaman tentang standar dan peraturan industri untuk keamanan dan efisien dalam mengoperasikan mesin tersebut.

Operator produksi mungkin juga akan diminta untuk menyimpan catatan output mereka dan membandingkannya dengan jadwal produksi.

Syarat Pekerjaan Operator Produksi

Secara umum, operator produksi harus memiliki minimal ijazah Sekolah Menengah Atas atau SMA atau sederajat. dibeberapa perusahaan ada juga yang memperbolehkan pekerja untuk jabatan operator produksi harus memiliki minimal ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP), atau Sekolah Dasar (SD). Tergantung dari tingkat Perusahaan itu sendiri, dan bukti Sertifikasi serta Perizinan Pelamar kerja.

Namun, pelatihan yang lebih khusus mungkin diperlukan jika tuntutan pekerjaan bekerja dengan peralatan berteknologi tinggi atau mesin. Beberapa perusahaan memberikan pelatihan on-the-job.

Sertifikasi dan Perizinan Operator Produksi

Meskipun tidak selalu diperlukan, sertifikasi atau lisensi dapat berfungsi sebagai bukti kompetensi kepada calon majikan. Mereka membuktikan bahwa pihak yang ditunjuk memiliki berbagai keterampilan tertentu dalam satu daerah atau lebih.

Lowongan Kerja Operator Produksi

Saat melamar kerja ke suatu perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja dengan tawaran posisi sebagai Operator Produksi pada umumnya operator produksi atau OP memiliki tanggung jawab sebagai berikut:
  • Melaksanakan kebijakan dan rencana produksi
  • Melaksanakan proses produksi dan prosedur kualitas sesuai dengan ketentuan suatu perusahaan , mengoperasikan mesin dan mengontrol proses produksi
  • Mengatur dan mengontrol bahan baku proses produksi sehingga menjadi bahan jadi dengan ketentuan target yang telah ditentukan oleh perusahaan.
  • Memahami kerja dengan standar keamanan, kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

Pekerjaan dan Gaji

Bergantung pada wilayah perusahaan itu berada, biasanya standarisasi gaji pekerja dengan jabatan Operator Produksi disesuaikan dengan Upah Minimun Kabupaten atau Upah Minimum provinsi di lokasi perusahaan itu berada. Cek Disini. Upah Minimum Kabupaten Tahun Ini

Demikianlah rincian tugas dan fungsi operator produksi. Untuk sahabat yang memiliki pengalaman dalam bidang kerja operator produksi.

Dipersilahkan menambahkan pengalaman sobat dibidang tersebut pada kolom komentar dibawah bila ada yang kurang dalam isian posting ini mengenai Tugas Dan fungsi Operator Produksi Disuatu perusahaan.

Terima kasih

ADVERTISERMEN