Epoxy lantai kini hadir sebagai salah satu sistem teknologi terbaik dalam hal pelindung dan pelapis lantai, cat pelapis epoxy lantai perpaduan kopolimer yang terbentuk dari dua bahan kimia yang berbeda ini, bisa digunakan untuk pelapis akhir pada permukaan lantai, dinding dan pelapon . Baik digunakan pada lantai pabrik, rumah sakit, super market dan industri lainnya.

Apa itu epoxy?

Polyepoxide (epoxy) adalah polimer termoset yang mengeras bila dicampur dengan katalis atau pengeras. Resin epoxy yang paling sering digunakan adalah jenis produk dari reaksi antara epiklorohidrin dan bisphenol A.

Epoxy ini sering digunakan untuk melapisi bahan permukaan beton seperti lantai garasi. Epoxy coating terdiri dari dua komponen: resin dan pengeras. Resin biasanya berwarna transparan, sementara pengeras yang berwarna lebih gelap. Jenis epoxy lantai dikenal untuk daya tahan, kekuatan dan ketahanan terhadap bahan kimia dan panas.

Percobaan komersial pertama untuk menyiapkan resin dari epichlorohydrin terjadi pada 1927 di Amerika Serikat. Kondensasi epoksida dan amina pertama kali dilaporkan oleh Schlack.

Penemuan resin epoxy berbasis bisphenol-A dibagi oleh Dr. Pierre Castan dari Swiss . Karya Dr Castan ini telah dilisensi oleh Ciba , Ltd dari Swiss, yang kemudian menjadi salah satu dari tiga produsen resin epoxy utama di seluruh dunia.

Bisnis epoxy Ciba berputar off dan kemudian dijual di akhir 1990-an dan sekarang Advanced Material unit bisnis dari Huntsman Perusahaan dari Amerika Serikat. Pada tahun 1946. SO Greenlee dari Amerika Serikat, bekerja untuk Devoe-Reynolds resin dipatenkan berasal dari bisphenol-A dan epiklorohidrin. Devoe-Reynolds, yang aktif di hari-hari awal industri resin epoxy, dijual ke Shell Chemical (sekarang khusus Momentive Kimia, sebelumnya Hexion, Resolusi Polimer dan lain-lain).

Cat pelindung dan pelapis lantai epoxy tersedia dalam kombinasi warna hampir tak terbatas. Dengan banyaknya kombinasi warna yang tersedia sehingga membuat konsumen dapat dengan mudah memilih warna yang sesui dengan selera untuk di aplikasikanke lantai saat menggunakan cat epoxy.

Aplikasi untuk bahan berbasis epoxy yang luas dan mencakup pelapis, perekat dan bahan komposit seperti mereka yang menggunakan serat karbon dan fiberglass bala (meskipun polyester , vinyl ester , dan lainnya thermosetting resin juga digunakan untuk glass-reinforced plastic).

Kimia epoxies dan berbagai variasi yang tersedia secara komersial memungkinkan polimer untuk diproduksi dengan jangkauan yang sangat luas. Secara umum, epoxies dikenal karena adhesi yang sangat baik, Tahan terhadap bahan kimia dan panas.

ADVERTISERMEN

Sedang Trends Terkait: Sejarah Epoxy Lantai